Minggu, 14 Maret 2010

guna kaki

[ Selasa, 02 Februari 2010 ]
Jaga Fungsi Tungkai

KAKI berperan besar dalam hidup manusia. Kaki menjadi penopang tubuh sekaligus alat yang memungkinkan manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sayang, ketika usia beranjak senja, kondisi kaki kerap melemah. Lansia jadi susah bergerak dan kaki kerap nyeri. Bahkan, bisa terjadi osteoartritis atau kerusakan tulang rawan sendi.

"Akibatnya, fungsi sendi lutut sebagai tumpuan gerak anggota gerak bawah terganggu. Penderita juga kesakitan," ujar dr Indra Tjahjono SpKFR, spesialis kedokteran fisik-rehabilitasi dan akupunktur dari Rumah Sakit Husada U­tama Surabaya.

Ada beberapa faktor penyebab osteoartritis. Pertama, faktor usia atau degeneratif. Kedua, faktor genetik atau keturunan. Hal tersebut bisa pula terjadi karena faktor hormonal serta penggunaan sendi yang berlebihan, misalnya pada atlet. Selain itu, osteoartritis bisa terjadi akibat obesitas dan gangguan saraf (stroke).

Sedangkan sendi lutut berfungsi sebagai stabilisator otot. Fungsinya ditunjang oleh tiga jenis otot. Yakni, otot paha atas, otot paha bawah, dan otot betis. Namun, rasa sakit pada penderita osteoartritis bisa diminimalkan. Caranya, melatih otot-otot penunjang sendi lutut. "Orang tersebut memang tetap terkena osteoartritis, tapi tidak mengeluh sakit," papar Indra.

Otot-otot tersebut paling tepat dilatih setelah bangun dari tidur. Paling pas, posisinya berbaring. "Jadi, begitu melek, lansia seharusnya tidak langsung bangun, melainkan gerak-gerakin kaki dulu," ungkap dia.

Latihan penguatan otot itu berfokus pada gerakan-gerakan kaki. Misalnya, meluruskan, menekuk, dan menggerakkan pergelangan kaki. Hanya, ada beberapa variasi. "Tujuan latihan itu adalah control of pain atau mengurangi nyeri," tutur lulusan Fakultas Kedokteran Unair tersebut.

Senam penguatan otot memiliki beberapa fungsi. Pertama, mengurangi nyeri pada kaki. Kedua, meminimalkan kerusakan pada otot lutut kaki. Ketiga, meminimalkan atrofi atau pengecilan otot kaki. Keempat, mengurangi deformitas atau kelainan bentuk lutut. Terakhir, memproteksi sendi lutut.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memproteksi sendi lutut. Salah satunya, mengompres dingin lutut selama lima hingga sepuluh menit. "Suhu air cukup 15 derajat Celsius. Itu berguna meredakan nyeri," imbuh dia. (rum/nda)

-

Gerakan:

- Atur posisi kaki hingga menekuk 90 derajat. Tekuk dan luruskan kaki kiri dan kanan bergantian, masing-masing sepuluh kali.

- Luruskan kaki dari paha hingga ke ujung. Angkat kaki dalam posisi lurus, ketinggian sekitar 45 derajat, turunkan kembali. Lakukan bergantian untuk kaki kiri dan kanan, masing-masing sepuluh kali.

- Luruskan kaki pada kasur. Gerakkan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah. Ulangi bergantian kedua kaki.

- Posisi tengkurap, angkat kaki dalam posisi lurus setinggi sekitar 45 derajat. Tekuk dan luruskan kaki kiri dan kanan bergantian. Lalu, pada posisi kaki lurus, gerakkan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah.

- Posisi duduk, atur posisi lutut 90 derajat. Gerakkan tungkai bawah ke depan hingga posisi kaki lurus. Saat kaki lurus, gerak-gerakkan pergelangan kaki ke atas dan ke bawah. Lakukan bergantian pada kedua kaki.




Ustad Yudi, 20 Tahun Berpindah-pindah Berbagi Ilmu Agama

--------------------------------------------------------------------------------

Piawai Main Saron dan Keyboard

TIDAK hanya pandai mengajarkan agama, Nasrulloh Iswahyudi juga dikenal piawai bermain musik. Pria ya ...

HALAMAN KEMARIN

Demi Regenerasi, Ajak Cucu
Gigi Berbunyi Memalukan
Genggaman Tangan Pengaruhi Risiko Kematian
Menu Favorit Makanan Rumah
Anak Harus Jadi Penerus
Kesulitan Memasukkan Benang
Nikmati Berorganisasi
Ikhlas, Itu Kuncinya
Banyak Kegiatan Pengusir Sepi
Puluhan Tahun Berbagi Pengalaman

HOME
BERITA UTAMA
INTERNASIONAL
POLITIKA
OPINI
EKONOMI BISNIS
SPORTIVO
METROPOLIS
EVERGREEN
DETEKSI
SHOW SELEBRITY
MINGGUAN



Copyright @2008 IT Dept. Jawa Pos
Jl. Ahmad Yani 88, Surabaya 60234 Jawa Timur - Indonesia
Phone. (031) 8283333 (Hunting), Fax. (031) 8285555

Tidak ada komentar:

Posting Komentar